CARI Malay Forums

 Forgot Pass?
 Register

Facebook Login

Login by Facebook

Forum : Gosip |  Hiburan |  Isu Semasa & Politik |  Peristiwa |  Lawak & Santai |  Sukan |  Informasi |  Kesihatan |  Soal Jawab Agama |  Negeri & Negara
Wanita & Lelaki |  Cinta & Perhubungan |  Belia & Pengetahuan |  Komputer & Internet |  Hobi |  Buku & Penulisan |  Koleksi Gambar
English Channel |  தமிழ் மக்கள் |  Jual/Beli |  Maklum Balas |  CARI Rasmi |  Cari Contest
1234Next
Return Post new threads
Show: 15528|Reply: 96

ratu anjasmoro

[Copy link]

Rank: 3Rank: 3

Post on 13-5-2011 05:40 PM |All posts

To get Malaysia's most comprehensive information, news, life sharing here!
Register as a CARI member NOW!

Register Login or Facebook Login

ada sesiapa yang bole citerkan tentang ratu anjasmoro ni?...
saya terpikat bila dengar Kak mona (watak dalam citer mantera anjasmoro kat tv3 ni) baca mantera dalam bahasa jawa tu....
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 13-5-2011 06:17 PM |All posts
Reply 1# ak007

haku ingat ko nak cite...........

adakah ini orgnya?
Dikisahkan kekuasaan Majapahit sedang menghadapi rongrongan dari Prabu Minakjinggo dari Blambangan. Siapa Prabu Minakjinggo? Dia awalnya bernama Joko Umbaran, seorang pemuda sakti dan tampan. Suatu ketika ada sayembara yang diselenggarakan Ratu Kencono Wungu, Ratu Majapahit bahwa siapa yang bisa mengalahkan Kebo Marcuet, maka apabila dia seorang perempuan akan dijadikan saudara. Apabila laki-laki akan dijadikan suaminya

Akhirnya, terjadikah perang tanding antara Joko Umbaran dan Kebo Mercuet yang dimenangkan oleh Joko Umbaran. Namun akibat pertempuran itu, Joko Umbaran yang semula wajahnya ganteng menjadi buruk akibat kesaktian Kebo Mercuet. Bahkan kakinya pincang. Kebo Mercuet sendiri bisa dibunuh.

Karena sudah terlanjur berjanji, Ratu Kencono harus siap dijadikan isteri Joko Umbaran. Sayangnya, melihat kondisi Joko Umbaran yang sudah cacat tersebut Kencono Wungu dalam hati menolak. Dicarinya alasan yang masuk akal yaitu agar sementara waktu Joko Umbaran disuruh mendirikan Kadipaten di tanah Jawa bagian paling timur yang dinamakan Blambangan. Disana Joko Umbaran bergelar Prabu Minak Jinggo.

Karena sudah bertahun-tahun ternyata janji Ratu Kencono tidak ditepati, akhirnya Minak Jinggo membangkang dari Mojopajit. Karena pembangkangan itu, maka diutuslah Damarwulan, seorang anak muda sakti untuk membunuh Minak Jinggo. Perang pun dikisahkan dalam tembang Asmorodono:

Anjasmoro arimami
Masmiran kulako warto
Dasihmu tan wurung layon
Aning kutho probolinggo
Prang tanding lan Urubismo
Karyo mukti duh wong ayu
Pun kakang pamit palastro

Ini adalah ungkapan Damarwulan terhadap kekasihnya yang bernama Dewi Anjasmoro. Damarwulan sesungguhnya tidak menyukai Ratu Kencono Wngu yang sebenarnya menjadi hak Minak Jinggo untuk diperisterinya.

Perangpun terjadi berulangkali dan Damarwulan kalah. Tapi akhirnya dibantu oleh Waeto dan Puyengan, isteri Minak Jinggo dengan mencuri senjata milik Minak Jinggo yaitu godo wesi kuning dan pedang sukoyono.

kedit to: wongalus.wordpress.com
   
hahahaha.. kat site tu ada bg mantra tu.. x mo try test ke?
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 12Rank: 12Rank: 12

Post on 13-5-2011 07:05 PM |All posts
mantera tu utk mende wei..........
........ Behind every successful man is his woman.
Behind the fall of a success
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 13-5-2011 08:07 PM |All posts
Reply 3# martiena

mantra pengaseh.. mau coba?


*risiko.. kesan akibat.. sume tanggung sdiri...
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 10Rank: 10Rank: 10

Post on 13-5-2011 08:17 PM |All posts
Reply 4# halimi78


   agak2 apa hukum guna mantera mcm ni eh? haram ke?
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 13-5-2011 08:21 PM |All posts
Reply 5# thessailly

wp kalu tgk kalimah mantera tu cam x bsalahan.. tp aku masih ragu...
sbb ada tcatat '(INI UNTUK MEMANGGIL ENERGI GAIB)'.. rasanya ada melibatkan perantaraan makhluk halus..
aku lbh condong mengatakan.. haram (sekurang2nya pada diri aku.. dr mgunakannya..)
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 10Rank: 10Rank: 10

Post on 13-5-2011 08:30 PM |All posts
Reply 6# halimi78


   ye ar tu...kot...

cerita menak jinggo, damarwulan ngn kencono wunggu ni mmg agak seronok...
Reply

Props Report

Rank: 12Rank: 12Rank: 12

Post on 13-5-2011 08:36 PM |All posts
harap2 jangan ada yang guna mantera toh kat kiesh

Akhiratlah Matlamat Kita❤
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 13-5-2011 08:37 PM |All posts
Reply 7# thessailly

aku ni br pestaim baca pasal dorang.. bharap kot ada sesapa yg lbh tau pasal dorang ni leh cite..

pasal mantra tu... mcm kbykn jampi.. kadang nampak mcm xde pape...
mula dgn bismillah.. katup ngan syahadah.. tp dsebaliknya ada jah plibatan 3rd party..
pepehal.. aku amik jln tgh... ilmu pengasih... x kira.. wp guna ayat Quran aku tolak tepi..
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 3Rank: 3

Post on 13-5-2011 08:51 PM |All posts
Reply 9# halimi78

yup setuju..bahaya, takut lain yang diseru....ayat2 Quran mmg ada khasiat2 tertentu tetapi kalau kita tak boleh gunakan semata-mata untuk dapatkan khasiat...apabila kita beramal dengan ayat Al-Quran,biarlah kerana ikhlas nak mendekatkan diri kepada Allah swt, Tuhan yang Menciptakan kita.
fitho
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 13-5-2011 09:01 PM |All posts
Reply 10# zi_trone22
beramal dengan ayat Al-Quran,biarlah kerana ikhlas nak mendekatkan diri kepada Allah swt

dan... biar ada yg memandu.. sbb kadang wp kita dah ikhlaskan hati.. nanti akn ada yg cuba menempel...
itu juga sbnrnya 1 btk ujian kpd yg beramal.. justeru perlunya akn bimbingan guru..
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 12Rank: 12Rank: 12

Post on 14-5-2011 12:32 AM |All posts
Reply 4# halimi78


    pengasih??xnak la..takut.......ntah pape kang jadi nnt........
tp citer la sikit sebab dia kalo salah gune ke ape ker
........ Behind every successful man is his woman.
Behind the fall of a success
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 14-5-2011 12:49 AM |All posts
Reply 12# martiena

err.. nak cite pasal apa? kalo pasal mantra anjasmoro nih.. me pong tatau..
nak test pong x brani.. takut kekdahnya bsalahan hukum..
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 14-5-2011 01:13 AM |All posts
sikit lg pasal Damarwulan...
Damarwulan Jumeneng Nata
Pengalih huruf naskah ini tidak menyebutkan berasal dari naskah mana ceritera ini berasal. Yang jelas naskah ini berbentuk legendriya drama tari istana Jawa (KBRI, 1988: 494) yang disajikan dalam bentuk sinom, asmaradana, mijil, megatruh, pangkur, kinanthi dan durma. Naskah ini menceriterakan perjalanan hidup Damarwulan sampai ia berhasil menduduki tahta Kerajaan Majapahit dan memperisteri Ratu Kenya, pewaris tahta Kerajaan Majapahit. Kemudian naskah ini diterbitkan oleh Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1982.

Dikisahkan bahwa Adpati Blambangan, Prabu Urubesma, atau yang lebih dikenal dengan Prabu Menakjingga memberontak terhadap kekuasaan Majapahit; didasari keinginannya memperisteri Ratu Majapahit. Sebenarnya Ratu Majapahit telah mengutus Adipati Tuban dan Adipati Kediri untuk menumpas pemberontakan itu, tetapi gagal, bahkan mereka berdua gugus di medan pertempuran. Persoalan Blambangan belum selesai, muncul pasukan dari Wandan Gupita yang hendak menyerang Majapahit. Selanjutnya Ratu Majapahit dalam mimpinya menerima petunjuk Dewata bahwa yang dapat mengalahkan Prabu Urubesma adalah seorang bernama Damarwulan.

Setelah menemukan Damarwulan, Ratu Majapahit mengutus Damarwulan, Ratu Majapahit mengutus Damarwulan menumpas pemberontakan itu dengan diiringi oleh Raden Layangseta dan Raden Layangkumitir. Berkat pertolongan isteri Prabu Urubesma, yaitu Dewi Sasmitaningrum dan Dewi Suselawati, Damarwulan berhasil membunuh Prabu Urubesma.

Di tengah perjalanan pulang menuju Majapahit, Damarwulan dibunuh oleh Raden Layangseta dan Raden Layang Kumitir. Setelah berhasil membunuh Damarwulan dan merampas peti yang berisikan kepala Prabu Urubesma, kedua orang itu pulang ke Majapahit dan mengaku bahwa merekalah yang berhasil membunuh PrabuUrubesma. Prabu Kenya tidak begitu saja mempercayai keterangan kedua orang itu karena tidak sesuai dengan wangsit yang diterimanya.

Ternyata memang benar bahwa Damarwulan masih hidup sehingga untuk membuktikan kebenaran ceritera itu. Damarwulan berperang tanding melawan Raden Layangsetadan Raden Layang Kumitir. Damarwulan berhasil mengalahkan kedua orang itu sehingga ialah yang berhak memperisteri Ratu Majapahit dan bertahta sebagai Raja Majapahit.

Dapat disimpulkan bahwa ceritera ini yang hidup pada masa akhir kejayaan Majapahit masih diwarnai pengaruh agama Hindu. Hal ini terlihat pada waktu Ratu Majapahit menerima wangsit dari Dewata untuk menemukan seorang yang bernama Damarwulan.
Jeng Dewa Ji kula boten dugi,
mring wangsit Hyang Manon,
Damarwulan Kang saged nyirnakke,
mring pun Besma Wusana blenjadi,
Damarwulan lalis,
mengsih Besma Prabu.

Ugi pejah Prabu Urubesmi,
saking dasih katong,
Layangseta Kumitir kalihe,
anglengkara wangsitnya Dewa Ji.

Wangsit yang datang dari Dewata ini dipegang teguh oleh Ratu Majapahit sehingga ia tidak mempercayai keterangan Layangseta dan Layangkumitir yang mengaku telah membunuh Prabu Urubesma. Dan akhirnya memang terbukti bahwa Layangseta dan Layangkumitir telah berbohong terhadap ratunya sehingga mereka dapat dikalahkan Damarwulan dalam perang tanding.

Selain unsur agama Hindu yang tampak masih dominan, dapat ditemui pula unsur mitologi dalam ceritera ini. Unsur mitologi itu mengenai kekuasaan seorang raja yang tidak boleh diganggu gugat. Raja adalah utusan atau wakil Dewata di muka bumi ini yang harus dipatuhi dan ditaati segala perintahnya. Barang siapa yang melawan raja akan hancur binasa. Maka perbuatan Prabu Urubesma yang bernai memberontak terhadap Ratu Majapahit, yang dilandasi keinginannya untuk memperisteri Ratu Majapahit tidak direstui oleh Dewata. Prabu Urubesma yang gagah perkasa, yang tidak dapat mati selain oleh senjata sendiri, besi kuning, akhirnya binasa karena pengkhianatan kedua isterinya.

Sumber:
Tim Koordinasi Siaran Direktorat Jenderal Kebudayaan. 1996. Khasanah Budaya Nusantara VII. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

kedit to : http://uun-halimah.blogspot.com/ ... -jumeneng-nata.html

tp beza dgn yg td... xde sebut lak pasal ratu anjasmoro... bahkan Damarwulan kawen lak ngan Ratu Majapahit..

petikan wiki:
Diceritakan awalnya Damar Wulan mengabdi sebagai tukang rumput kepada Patih Loh Gender dari Majapahit. Karena kepandaiannya, Damar Wulan dapat menjadi abdi andalan Patih Loh Gender, dan Anjasmara putri sang patih terpikat dan jatuh cinta kepadanya. Damar Wulan kemudian mendapat tugas dari raja putri Majapahit, yaitu Ratu Kencana Wungu, untuk menyamar dengan tujuan membantu mengalahkan Menak Jinggo penguasa Blambangan  yang bermaksud memberontak kepada Majapahit. Damar Wulan yang tampan dapat menarik perhatian selir-selir Menak Jinggo, yaitu Waeta dan Puyengan. Dengan bantuan mereka, Damar Wulan berhasil memperoleh senjata sakti gada Wesi Kuning milik Menak Jinggo. Menak Jinggo kemudian berhasil dikalahkan dan Damar Wulan menjadi pahlawan. Ia memboyong kedua selir tersebut, serta pada akhirnya juga mempersunting sang raja putri Majapahit.

ada sebut sket pasal anja nih.. ending sama.. kawen dgn ratu majapahit..

sesapa penah baca serat damarwulan... komen plis... apa cete nih...
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 12Rank: 12Rank: 12

Post on 14-5-2011 01:35 AM |All posts
memalam baca mantera ni ngeri jugak...
Reply

Props Report

Rank: 10Rank: 10Rank: 10

Post on 14-5-2011 02:00 AM |All posts
Reply 14# halimi78


   uncle aku dari jogja penah cerita pasal damarwulan ni semua...tapi dia takde lak sebut pasal anjasmoro..
kesimpulan kisah damarwulan ni,
akhirnya dia (dw) pun dapat bunuh menakjinggo (tikam dari bawah dagu) setelah kencono wungu membocorkan rahsia kelemahan menakjinggo kepadanya...


damar wulan ni baik,
menak jinggo jahat.
kencono wungu ni heroin (baik)

sekurang-kurangnya, itulah apa yang aku ingat....anjasmoro takde disebut...
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 14-5-2011 02:18 AM |All posts
Reply 16# thessailly

damarwulan kira watak baik, utusan ratu majapahit kencono wungu..
menentang pemberontak menak jinggo.. penguasa blambangan..

kbykn penulisan mjuruskan punca kekalahan menak jinggo sbb besi kuning dia dah kene curi ngan damarwulan...
(siyes.. penat nak baca penulisan indon.. jenuh nak pahamkan....)

cete ni kategori apa ek? ada kata mitos... ada kata betul.. siap klaim ada bekas tapak kaki lg...

*gada tu apa ek? senjata ke?
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 7Rank: 7Rank: 7

Post on 14-5-2011 05:39 PM |All posts
kelakor ak dgr die sbt mantera tuh,,,habuk pong x phm
Reply

Props Report

Post on 14-5-2011 05:56 PM |All posts
Reply 3# martiena


    mantra kasi kuat..
Reply

Props Report

Rank: 12Rank: 12Rank: 12

Post on 14-5-2011 06:00 PM |All posts
Reply 13# halimi78


    owh ye??better x yah la kan............try2 tue...ntah pape jadi nnt.kang jd cam dlm cite tb3 tu lak kang naye jer........
........ Behind every successful man is his woman.
Behind the fall of a success
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 14-5-2011 06:03 PM |All posts
Reply 20# martiena


   kalo jadi pape.. leh jd skrip cete mantra anjasmoro2..
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 12Rank: 12Rank: 12

Post on 14-5-2011 06:06 PM |All posts
Reply 21# halimi78


    takut nnt ble dh jadi pape kang x terbaca plak skrip cete tuh.........huhuhu.............
........ Behind every successful man is his woman.
Behind the fall of a success
Reply

Props Report

Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22Rank: 22

Moderator

Post on 14-5-2011 06:08 PM |All posts
ok.. dah ada yg sebut.. ratu anjasmoro nih ada descendant...
so.. kalo ada sesapa sini cucu cicit ratu anjasmoro..
nak mintak cete pasal beliau...
KIVA...wake_up!
Reply

Props Report

Rank: 14Rank: 14Rank: 14Rank: 14

Post on 14-5-2011 06:57 PM |All posts
aku ingat rekaan semata2 pasal mantera anjasmoro ni...rupanya kisah beneren ekk
kalaulah boleh berpatah balik...
Reply

Props Report

Rank: 14Rank: 14Rank: 14Rank: 14

Post on 14-5-2011 07:00 PM |All posts
tatau la betul ke fake...
http://manteraratuanjasmoro.blogspot.com/
kalaulah boleh berpatah balik...
Reply

Props Report

1234Next
Return Post new threads
You need to login first Login | Register Facebook Login

Important Notice: The views and opinions expressed on the forum or the related pages are of the owner alone, and are not endorsed by CARI, nor is CARI responsible for them. Due to the nature of the Internet forum is in real time, CARI does not, and can not censor any submission, but asks that each user use discretion and respect for other users, and does not contribute any word that is unlawful, harmful, threatening, abusive, harassing, tortious, defamatory, vulgar, obscene, libelous, invasive of another's privacy, hateful, or racially, ethnically or otherwise objectionable. CARI reserve the right to withhold and/or remove any link that might possibly hold an individual, entity or group ridicule, potential embarrassment or potential defamation. CARI also reserves the right to accept, edit and/or remove any link that is deemed inappropriate in any way.
Hosted by

Archiver|Mobile|CARI Malay Forums

GMT+8, 27-11-2014 04:06 PM , Processed in 1.869864 second(s), 27 queries , Gzip On.

Powered by Discuz!

© 2001-2012 Comsenz Inc.

Top